Apa Itu LED

apa itu lampu led
Apa itu LED? LED sebenarnya bukan sesuatu yang baru, tanpa kita sadar kita tentu sering menemui-nya terutama pada barang elektronik seperti Portable radio, televisi, dll. Pada Alat elektronik biasanya difungsikan sebagai indikator, dengan cahayanya kita akan dengan mudah mengetahui pengoperasian alat elektonik yang sedang digunakan, Contoh ketika ada lampu kecil bercahaya/menyala (biasanya merah, atau biru) pada sebuah televisi, itu menandakan bahwa televisi sedang on atau hidup.
.
LED adalah kependekan dari Light Emiting Diode, dari kepanjangannya diketahui bahwa LED adalah berjenis komponen DIODE. Cara gampang dalam memahami LED adalah Dioda yang bisa menyala. Type LED biasa berbentuk Radial dan SMT, Ciri LED yang bertype Radial yaitu yang mempunyai kaki komponen yang panjang, sedangkan yang bertype SMT atau biasa disebut dengan LED SMD (Surface mount device) yang memounya body seperti chip dan pemasangannya dengan mesin otomatis.
lampu led

LED saat ini tidak hanya digunakan sebagai indikator pada sebuah alat elektronik, namun sudah merambah ke peralatan listrik yaitu Lampu LED, seperti lampu  Mobil, lampu rumah, lampu emergency, dll. Banyak keunggulan memakai lampu dengan berbahan LED dibanding dengan lampu yang terbuat dari Pijar (bohlam), CFL atau neon. Diyakini bahwa lampu LED lebih irit, daya yang lebih kecil, lebih tahan lama/awet, cahaya yang dihasilkan tidak panas dan ramah lingkungan karena tidak mengandung merkuri.

Artikel Terkait: